Inilah Hewan Paling Aneh Dan Langka Di Dunia

Berdasarkan perkiraan baru-baru ini bahwa planet bumi kita ini dihuni oleh sekitar 30-50 juta spesies hewan. Di antara spesies-spesies tersebut adalah burung, anjing, kucing, dan ikan. Tetapi apakah Anda tahu bahwa ada spesies aneh yang mungkin Anda belum pernah dengar sebelumnya? Berikut di bawah ini kami cantumkan beberapa spesies hewan paling aneh dan langka di dunia.

1.
Solenodon
hewan paling langka di dunia
Solenodon adalah hewan mamlia yang beraktifitas pada malam hari, menggali, dan pemakan serangga. Hanya ada satu genus Solenodon yang dikenal, meskipun ada beberapa spesies lain yang muncul pada satu waktu dan sekarang dianggap sebagai sinonim dari pendahulunya.
Solenodon menarik perhatian para peneliti filogenetik karena karakteristik hewan ini berentensi dengan mamalia primitif, spesies mereka sangat dengan yang hidup pada akhir era dinosaurus.


2. Luwak Afrika
hewan paling aneh dan langka di dunia
Luwak Afrika adalah hewan asli yang hidup di alam tropis Afrika. Tidak seperti kebanyakan spesies lain dari keluarga hewan ini, yang lebih menyerupai kucing, Luwak Afrika lebih menyerupai seekor anjing pendek.

Sama seperti semua jenis musang, hewan ini juga yang memiliki kelenjar perianal yang menghasilkan cairan civetone (digunakan dalam industri parfum), yang tersebar sebagai penanda di wilayahnya untuk mengklaim daerah kekuasaanya.

3.
Echidna Berparuh Panjang

hewan paling aneh dan langka di dunia
Echidnas berparuh panjang adalah salah satu dari dua genus (genus Zaglossus) dari echidnas, monotremes berduri yang tinggal di New Guinea. Ada tiga spesies hidup dan dua spesies yang telah punah dalam genus ini. Echidnas adalah salah satu dari dua jenis mamalia yang bertelur.

4. Babi Laut
foto hewan aneh
Scotoplanes atau yang lebih dikenal sebagai babi laut, adalah genus dari holothurian laut dalam (teripang). Makhluk laut ini seperti persilangan antara babi dan siput. Jika diperhatikan makhluk ini kelihatan lucu, ia seperti memiliki jari-jari manusia yang tumbuh keluar dari mulutnya.

5. Trenggiling
foto hewan aneh
Trenggiling adalah mamalia jenis lain dari Pholidota. Hewan ini memiliki keratin dalam skala besar untuk melindungi kulit mereka dan satu-satunya mamalia dengan kemampuan adaptasi seeperti ini.

Mereka ditemukan
di daerah tropis Afrika dan Asia. Nama "trenggiling" berasal dari kata pengguling (bahasa Melayu).

Trenggiling
merupakan binatang nokturnal, yang menggunakan indra penciuman mereka untuk menemukan serangga. Trenggiling ekor panjang aktif di siang hari, dan biasanya menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk tidur, yakni dengan cara meringkukan tubuh menjadi seperti bola.


6. Ikan Vampir
hewan paling aneh dan langka di dunia
Ikan Vampir adalah, hewan laut jenis cephalopoda yang ditemukan di lautan beriklim sedang dan tropis. Dengan mengerahkan filamen panjangnya, ikan Vampir dapat hanyut bersama arus di kegelapan laut.

Jika
filamennya tersenggol sesuatu, atau tergetar, hewan ini meresponya dengan gerakan akrobatik yang sangat cepat. Mereka mampu berenang dengan kecepatan setara dengan dua kali panjang tubuh per detik, dengan waktu percepatan lima detik. Namun, otot yang lemah membatasi stamina mereka.

7. Salamander Raksasa dari China

hewan paling aneh dan langka di dunia
Salamander raksasa Cina adalah salamander terbesar di dunia, bisa mencapai panjang 180 cm (6 ft), meskipun jarang yang mencapai ukuran seperti itu untuk saat ini.

Endemik
sungai gunung berbatu dan danau di Cina ini sangat terancam karena mereka kehilangan habitat aslinya, polusi, dan penangkapan. Hewan ini dianggap sebagai makanan lezat dan digunakan dalam pengobatan tradisional Cina.


8. Badak Sumatera

hewan paling aneh dan langka di dunia
Badak Sumatera adalah hewan yang sebagian besar hidupnya dijalani secara soliter, kecuali untuk kawin dan membesarkan anak. Ini adalah spesies badak yang paling vokal dan juga berkomunikasi melalui tanah untuk menandai wilayahnya dengan mengunakan kaki, berputar-putar hingga membentuk pola, dan meninggalkan kotoran.

Badak
menghabiskan sebagian besar waktunya dalam kubangan. Ketika lubang lumpur tidak tersedia, badak akan mengeruk genangan air dengan kaki dan tanduknya. Perilaku berkubang membantu badak untuk mempertahankan suhu tubuh dan melindungi kulitnya dari ektoparasit dari serangga.


9. Galago Besar

hewan paling aneh dan langka di duniaGalago besar adalah nama umum untuk tiga spesies primata jenis strepsirrhine. Mereka diklasifikasikan dalam genus Otolemur dalam keluarga Galagidae.

10. Lumba-lumba Sungai Amazon alias Boto

foto satwa langka
Lumba-lumba sungai Amazon, alias Bufeo, Bufeo Colorado, Boto, Boto Cor de Rosa, Boutu, Nay, Tonina, atau lumba-lumba merah muda, adalah endemik lumba-lumba sungai air tawar seperti Sungai Orinoco, Amazon dan Araguaia / Tocantins di Brasil, Bolivia , Peru, Ekuador, Kolombia dan Venezuela.
Lumba-lumba merah muda telah terdaftar sebagai hewan yang terancam punah akibat dari polusi, penangkapan serta perdagangan yang berlebihan, dan hilangnya habitat asli mereka. Tak heran bila hewan ini masuk ke dalam salah satu kelompok hewan paling langka di dunia.  Yang menarik, otak lumba-lumba sungai ini adalah 40% lebih besar dari otak manusia.

11. Mola-mola atau Ikan Matahari
foto satwa langkaIkan matahari atau Mola-mola adalah ikan dengan tulang terberat di dunia. Ikan dewasa memiliki berat rata-rata 1.000 kg. Ikan matahari hidup dalam diet yang sebagian besar makanannya hanya terdiri dari ubur-ubur, tetapi karena diet ini sangat minim nutrisi, sementara mereka mengkonsumsinya dalam jumlah besar, ini membuat tubuh mereka tumbuh besar.

Betina dari spesies ini dapat memproduksi telur lebih banyak dari vertebrata manapun yang dikenal. Sunfish goreng buntal mirip miniatur, dengan sirip dada besar, sirip ekor dan duri seperti biasanya dari tubuh mola-mola dewasa.

12. Tasmania Devil

binatang langka fotoTasmanian devil adalah hewan karnivora yang hidup di alam liar dan hanya ditemukan di pulau Tasmania Australia. Karena mereka dianggap sebagai ancaman terhadap ternak di Tasmania, mereka sering menjadi sasaran perburuan, hingga tahun 1941 hewan ini resmi dilindungi.

Sejak akhir 1990-an, penyakit tumor wajah telah mengurangi populasi
Tasmanian devil secara signifikan dan sekarang mengancam kelangsungan hidup spesies ini, dan sejak Mei 2009 Tasmanian devil dinyatakan terancam punah.

13. Aardvark

binatang langka fotoAardvark adalah mamalia nokturnal asli Afrika. Hewan ini merupakan makhluk soliter yang hampir seluruh makanannya hanya terdiri dari semut dan rayap, untuk buah mereka hanya makan mentimun aardvark.
Aardvarks dapat hidup lebih dari 24 tahun di penangkaran.

Itulah ketigabelas hewan paling langka di dunia, tentu seiring waktu jumlah ini akan semakin bertambah, baik jenis maupun spesiesnya. Dan bukan tidak mungkin suatu hari nanti sebagian dari hewan-hewan di atas akan masuk kedalam kategori "punah" kalau manusia tidak mampu menjaga populasinya.











Inilah Hewan Paling Aneh Dan Langka Di Dunia

  1. hewannya lucu-lucu sekali yah :D

    oya saya sudah follow blog kamu, kalu berkenan follow blog aku juga yah :)

    Blog --> biologi sel

    BalasHapus
  2. aneh dan langka hewannya....

    BalasHapus
  3. keren infonya, thanks !

    BalasHapus
  4. iya gan aneh hewannya
    ane baru lihat di postingan ini

    BalasHapus