Diberdayakan oleh Blogger.
 
Sabtu, 12 Januari 2013

Hewan-Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia

1 komentar
Kali ini kami akan tampilkan hewan-hewan langka yang ada di Indonesia lengkap dengan nama latinnya.
Hewan-hewan ini populasinya terus menurun, bahkan mendekati punah, karena diakibatkan oleh beberapa faktor, diantaranya : perburuan liar, habitat yang semakin berkurang, penebangan hutan, penyakit dan sebagainya.
Diharapkan kesadaran kita semua untuk mau menjaga dan melestarikan kelangsungan hidup mereka, agar generasi setelah kita tetap dapat menyaksikan eksistensi mereka di muka bumi, serta untuk kepentingan ilmu pengetahuan.
Berikut hewan-hewan langka tersebut :
  1.    Orang Utan (Pongo Pygmaeus)

hewan langka


      Hewan ini banyak dijumpai di hutan hujan tropis dan dataran rendah terutama di derah Kalimantan. Masih termasuk ke dalam jenis kera, namun orang utan memliki rambut di tubuh yang begitu panjang jika di banding dengan kera pada umumnya. Makanan utama hewan ini adalah buah-buahan. Sudah lama orang utan dimasukan kedalam kelompok hewan langka karena populasinya yang semakin sedikit akibat dari perburuan liar dan penebangan hutan ilegal.

2.       Babirusa (babyrousa babyrussa)

hewan langka
Ciri hewan langka yang satu ini adalah gigi taringnya yang mencuat keatas dan berfungsi sebagai tameng yang melindungi matanya dari tusukan duri atau ranting pohon ketika sedang mencari makanan yang biasanya berupa buah-buahan, jamur, tumbuhan dan daun-daunan. Habitat Babirusa banyak terdapat di daerah Sulawesi, kepulauan Maluku dan sekitarnya.

3.       Burung Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi)

gambar hewan langka
Diperkirakan populasi hewan yang gagah ini hanya tinggal 250 ekor. Habitatnya tersebar di berbagai hutan di Pulau Jawa, seperti hutan di gunung Slamet, gunung Kawi, gunung Anjasmoro, taman nasional Alas Purwo, taman nasional muara betiri dan taman nasional gede pangrango.

4.       Anoa (Bubalus Depressicornis)

hewan langka
Anoa adalah hewan asli Sulawesi. Ciri-ciri fisik hewan langka satu ini hampir mirip dengan kambing, namun Anoa memiliki tubuh lebih besar, disamping memiliki tanduk runcing yang bisa mencapai panjang 30 cm di atas kepalanya. Anoa juga termasuk mamalia yang memilki kuku genap.

5.       Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae)

hewan langka
Harimau ini hanya ada di pulau Sumatera, terutama di daerah Jambi. Perburuan liar dan penebangan hutan secara membabi buta di duga sebagai faktor utama merosotnya populasi hewan ini.  Saat ini diperkiraan jumlah seluruh harimau Sumatera yang masih hidup tidak lebih dari 500 ekor. 

6.       Ikan Belida (Notopetrus Chitala)

gambar hewan langka
Habitat asli ikan ini ada di perairan wilayah Jawa dan Kalimantan. Semakin hari populasi ikan Belida semakin menurun, iapun tergolong kedalam hewan langka.  Ciri-ciri fisik ikan ini, bentuk tubuhnya seperti pisau, panjangnya bisa mencapai  87,5 cm, dan berat tubuh mencapai 1 kg. Lumayan besar untuk ukuran ikan air tawar. Makanan ikan ini adalah ikan-ikan kecil dan udang.

7.       Singapuar (Tarsius Bancanus)

hewan langka
Habitat asli hewan langka ini ada di Kepualau Riau, Sumatera bagian selatan dan tenggara, juga di kepulauan Kalimantan. Dengan panjang tubuh hanya 12-15 cm dan berat antara 80 – 140 gram, Singapuar di juluki sebagai primata terkecil di dunia. Aktifitas hewan ini pada malam hari. Sepasang bola matanya yang besar, melebihi dari volume otaknya, hanya bisa di pakai pada malam hari saja.

8.       Musang Congkok (Prionodon Linsang)

hewan langka
Hewan yang juga tergolong langka ini hanya dapat di temukan di wilayah pegunungan Aceh dan sumatera Barat.  Tubuhnya  tergolong kecil, dengan panjang sekitar 70 cm dan berat  mencapai 5 kg. Tapi hewan ini sangat gesit dalam memanjat pohon ketika mencari makanan kegemarannya, yakni berbagai jenis serangga dan mamalia kecil.

9.       Badak Bercula Satu (Rhinoceras Sundaicus)

gambar hewan langka
Hewan ini sudah sangat langka, hanya di temukan di hutan Ujung Kulon dalam jumlah yang diperkirakan tidak lebih dari 50 ekor.  Hewan ini termasuk herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Badak bercula satu merupakan hewan langka yang sudah menjadi ciri khas Indonesia.  

10.   Badak Bercula Dua (Dicerorhinus Sumatrensis)

hewan langka
Hampir sama dengan badak bercula satu, hanya saja badak ini mempunyai cula berjumlah dua. Hewan langka ini hanya di temukan di wilayah Sumatera.

Itulah beberapa hewan-hewan langka dan hampir punah yang ada di Indonesia. Di lain waktu kami akan menambahkan daftar hewan-hewan langka ini. Atau bagi anda pengunjung setia KisahBagus.blogspot.com  yang ingin menambahkan hewan langka lainnya, silahkan masukkan ke dalam komentar yang ada di bawah ini. Hewan langka yang di tambahkan sebaiknya di sertai keterangan dan data yang akurat.


One Response so far.

  1. tumbuhan tidak ada ya

Leave a Reply

 
KisahBagus.Blogspot.com © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here