Diberdayakan oleh Blogger.
 
Kamis, 13 Juni 2013

Mimpi Tinggal di Planet Mars, Akhirnya Terwujud

0 komentar
planet mars

Mimpi Tinggal di Planet Mars, Akhirnya Terwujud - "Siapa yang akan berpaling dari petualangan seperti ini?" tanya Landsdrop dalam situs Mars One. Siapa yang tak kan terpikat untuk melihat, membicarakan, dan ikut terlibat dalam misi terbesar yang belum pernah ada sebelumnya." Namun, misi sebesar ini ditambahkan Lansdrop dalam sebuah sesi tanya-jawab, memiliki tantangan terbesar dalam hal pendanaan.

Seorang pengusaha yang juga pemimpin kelompok visioner asal Belanda, Bas Lansdorp membuat reality show bertajuk "Goes to Mars". Melalui acara ini nantinya dicari empat orang untuk dikirim ke Mars pada tahun 2023 dengan dana yang tidak sedikit yakni mencapai US$6 miliar atau lebih dari Rp56 triliun.

Lansdorp meyakini jika seluruh dunia akan mengikuti proyek raksasa ini dari awal. Mulai dari pemilihan astronot hingga pembangunan sebuah tempat tinggal mandiri untuk beberapa tahun kemudian di Mars.

Pemberitaan melalui media akan menjaring perhatian dari masyarakat dan tentunya akan membuka jalan untuk mendatangkan para sponsor dan para investor untuk berpartisipasai dari segi pendanaan. Namun, misi ini adalah perjalanan satu arah. Tak dijelaskan bagaimana nasib astronot terpilih saat akhirnya misi ke Mars tersebut berhasil dilakukan.

Sebenarnya ini bukanlah misi yang baru. Pada tahun 2008 Jim McLane telah mengusulkan untuk mengirim manusia ke Mars. Tapi misi tersebut hanya mengirim satu orang, sementara misi baru ini akan mengirim empat orang. Mars One grup mengatakan "Jika setelah misi perjalanan pertama ini berhasil dan Mars terbentuk, ini akan menjadi jauh lebih mudah untuk membuat roket kembali dari sana."

Lebih lanjut Mars One grup mengungkapkan bahwa pihaknya telah memperkirakan dan mendiskusikan dengan para penyandang dana bahwa misi ini akan membutuhkan dana US$ 6 miliar.

Biaya yang harus dikeluarkan demi mempersiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan, sebelum mengirim orang ke Mars jelas menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu saat ini para tim sedang mempersiapkan rencana studi yang sangat kuat. "Jika kita dapat meyakinkan para sponsor dan investor bahwa misi ini benar-benar akan terjadi, maka mereka pun akan percaya untuk membantu membiayai misi ini," kata Lansdorp.

Demi menyukseskan misi ini, pihak Mars One benar-benar akan membuat pemberitaan melalui media secara besar-besaran. Dengan begitu, saat pertama kali meluncurkan manusia ke Mars dan ketika mendarat maka seluruh dunia akan menyaksikannya. Setelah itu semakin banyak orang yang tertarik untuk melihat bagaimana kabar "Manusia di Mars."

Rencananya Mars One akan menggunakan teknologi SpaceX Falcon 9 Heavysebagai kendaraan peluncuran. Kendaraan dan ruangan sebagai tempat tinggal akan dibangun Thales Alenia Space. Sebagai alat pendaratan menggunakan varian the SpaceX Dragon. Sementara untuk inflatable habitat (ruangan yang digunakan sebagai tempat tinggal bagi penjelajah ruang angkasa) akan dibangun ILC Dover.

Rover Vechicle (kendaraan berukuran sebuah mobil kecil dan memiliki 12 roda yang membuatnya bisa bergerak ke arah mana saja di Bulan) dibuat oleh MDA Space Missions. Sedangkan pakaian antariksa yang khusus digunakan para astronot ini akan dibuat oleh Paragon.

Siapa yang nantinya akan pergi?
Pada akhir tahun ini akan diumumkan 40 kontestan yang terpilih dan nantinya akan terpilih empat kontestan saja yang akan benar-benar menjalankan misi pergi ke Mars. Selama proses pemilihan dan pelatihan ini seluruhnya akan disiarkan melalui televisi secara langsung dan suara (voting) dari pemirsa yang akan menentukan siapa yang akan berangkat ke Mars.



Leave a Reply

 
KisahBagus.Blogspot.com © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here