Diberdayakan oleh Blogger.
 
Senin, 11 Februari 2013

Peel 50, Mobil Satu Penumpang Paling Kecil Di Dunia

0 komentar
Pada 1950 dan 1960-an, berbagai perusahaan mobil mengembangkan mobil pribadi berukuran sangat kecil. Pada saat itu banyak ahli yang memprediksi bahwa 'microcar' akan sangat marak di masa depan.

Jika melihat kenyataannya, sepertinya prediksi mereka salah besar. Karena hampir tidak ada model microcar yang baru sejak 1970-an hingga tiga dekade berikutnya. Baru pada 2012 mobil-mobil kecil kembali marak.

Untuk itulah Peel, salah satu perusahaan microcar yang berbasis di Inggris, membuat Peel P50. Sebuah mobil yang mungkin adalah salah satu mobil terkecil di dunia.

Sekecil apakah Peel P50? Bayangkan, mobil ini cukup untuk diparkir di tempat parkir motor. Anda juga mungkin dapat mengangkat ujung depan dan menariknya jika bermasalah di jalan, atau bahkan juga muat dimasukkan ke dalam sebuah lift.

Reinkarnasi dari Peel P50 dimulai ketika dua pengusaha, Gary Hillman dan Faizal Khan, muncul di sebuah program televisi dan menerima investasi sebesar 80 ribu Poundsterling. Setahun kemudian mereka membuat beberapa Peel P50 dan dijual di toko mereka di wilayah utara Inggris.

Peel P50 memiliki model yang sangat mirip dengan model sebelumnya yang diproduksi pada tahun 1965. Peel P50 menggunakan tiga roda (dua di depan dan satu di belakang) yang berukuran 5 inci, lampu depan dan wiper kaca depan tunggal. Mesinnya berkapasitas 49 cc yang dapat mendorong mobil mencapai kecepatan hingga 60 km/jam hanya sekitar 10 detik saja.

Dilansir SpotCoolStuff, perbedaan utamanya terletak di kisaran harga. Pada tahun 1965, Peel P50 memiliki harga sekitar 199 Poundsterling yang terkena inflasi sehingga harganya naik menjadi 3 ribu Poundsterling. Namun sekarang harganya menjadi 12.500 Poundterling atau sekitar Rp45 juta.

Tampaknya harga tersebut masih cukup mahal. Karena di Indonesia, Rp45 juta cukup untuk membeli mobil bekas berukuran 'normal'.

sumber

Leave a Reply

 
KisahBagus.Blogspot.com © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here