Diberdayakan oleh Blogger.
 
Kamis, 07 Februari 2013

Hati-Hati! Gaji Bisa Membunuh Anda

0 komentar

Mulai sekarang, Anda harus lebih waspada dan lebih bijak saat menerima gaji. "Menerima tambahan uang di rekening bank seringkali menjadi penyebab bagi perilaku yang bisa merenggut jiwa," ujar William Evans seorang ahli ekonomi dari University of Notre Dame seperti dilansir Antara News. "Setelah menerima gaji, orang jadi lebih aktif, mereka pergi makan makan, menuju toko, lebih sering mengemudi, pergi ke bar, dan lain-lain," lanjut Evans.

Peneliti tersebut mengambil kesimpulan itu setelah meneliti jutaan catatan kematian dari empat kelompok demografik utama, yaitu personel militer, orang yang menerima cek potongan pajak, orang yang berusia lanjut dan hidup dari jaminan sosial, dan penerima dividen Permanent Fund di Alaska. "Kendati ada beragam demografik dan seringnya pembayaran, angka kematian melonjak pada masing-masing kelompok tak lama setelah hari gajian," kata Evans.

"Peningkatan terbesar terjadi pada kematian yang diakibatkan oleh penyalahgunaan obat, sedangkan penyebab dari luar adalah bermacam jenis kecelakaan dan serangan jantung," lanjut Evans di dalam penelitian yang dilaporkan pada edisi terakhir Journal of Public Economics. "Orang jadi lebih aktif secara fisik segera setelah mereka menerima uang tambahan di kantung mereka, yang bisa mengarah kepada serangan jantung."

"Sebagian perilaku ini secara berisiko, seperti minum terlalu banyak atau mengemudi dalam keadaan mabuk. Sebagian kegiatan tersebut secara alamiah akan meningkatkan risiko. Jika orang lebih sering mengemudi, risiko mengalami kecelakaan mobil telah meningkat," ujar Evans. "Sebagian kaitan itu tak terlalu nyata. Misalnya, kegiatan yang bertambah bisa mendorong serangan jantung. Dan sebagian lagi berisiko jika dilakukan, seperti penyalahgunaan obat."

"Orang benar-benar tampak menghemat energi mereka ketika mereka mendapat bayaran," Evans. Namun, tak menerima cek pembayaran juga bukan penyelesaian yang sesungguhnya. "Itu bukan berarti orang tak perlu menerima cek pembayaran atau yang seperti itu. Tapi orang mungkin ingin berpikir dua kali mengenai mengemudi pada Jumat malam, setelah mendapat bayaran." tutup Evans.

Mendapat gaji memang merupakan hal yang ditunggu-tunggu dan menggembirakan. Tetapi dari hasil penelitian di atas, Anda tentu bisa lebih bijak untuk mengelola keuangan Anda. Jangan sampai terlalu senang dengan gaji justru membuat Anda meningkatkan risiko untuk menghamburkan uang atau ngebut di jalan raya yang berisiko tinggi menyebabkan kecelakaan.

Sumber

Leave a Reply

 
KisahBagus.Blogspot.com © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here