Abraj Al Bait, Bangunan Megah Disamping Ka'bah


Nama Abraj Al-Bait mungkin sudah tak asing lagi bagi mereka yang telah menginjakkan kaki di tanah suci. Pasalnya, Menara Abraj Al-Bait atau juga dikenal sebagai Mecca Royal Hotel Clock Tower, adalah sebuah kompleks bangunan yang populer di Mekkah, Arab Saudi.

Bangunan ini merupakan bagian dari Abdulaziz Endowment Project, yang berusaha untuk memodernisasi kota suci dalam upaya melayani para jamaah haji. Selain itu, kompleks bangunan tersebut juga berhasil memecahkan beberapa rekor dunia, seperti jam tertinggi di dunia dan bangunan dengan lantai terluas sedunia.

Bahkan, kompleks hotel tower telah dinobatkan sebagai gedung tertinggi kedua di dunia pada tahun 2012 - di bawah Burj Khalifa (gedung tertinggi di Dubai) dan melebihi Taipei 101 di Taipei. Disamping itu, letak kompleks hotel ini terbilang sangat strategis karena hanya berjarak beberapa meter dari masjid terbesar di dunia serta situs Islam paling suci, Masjid al Haram.




Pengembang dan kontraktor kompleks tersebut adalah Binladin Saudi Group, perusahaan konstruksi terbesar milik kerajaan Arab. Kompleks ini dibangun setelah penghancuran Benteng Ajyad, peninggalan Kerajaan Ottoman dari abad ke-18 yang berdiri di atas sebuah bukit yang menghadap ke Masjidil Haram.

Bagi Anda yang ingin melihat kemegahan menara Abraj Al-Bait, situs kompleks tersebut terletak di seberang jalan ke arah selatan pintu masuk Masjidil Haram. Untuk mengakomodasi para jamaah haji yang ingin mengunjungi Ka'bah, menara setinggi 601 meter ini memiliki ruang doa besar yang mampu menampung lebih dari 10.000 jamaah.

Abraj Al-Bait juga memiliki sebuah hotel bintang lima, yang dioperasikan oleh Fairmont Hotels and Resorts. Hotel ini menyediakan penginapan bagi jutaan jamaah haji yang melakukan perjalanan ke Mekah setiap tahunnya.

Source


Abraj Al Bait, Bangunan Megah Disamping Ka'bah