Diberdayakan oleh Blogger.
 
Rabu, 05 Desember 2012

5 Istana Paling Indah Dan Megah Di Asia

0 komentar
Umat manusia sudah menguasai ilmu konstruksi bangunan sejak ribuan tahun lalu.  Sejarah telah membuktikan dengan ditemukannya berbagai bagunan megah nan indah di berbagai penjuru dunia yang telah berumur ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Malah sebagian bagunan tersebut tetap menjadi misteri hingga kini, karena struktur konstruksinya yang begitu maju dan tak terjawab bagaimana orang zaman dahulu membangunnya.

Istana kerajaan adalah salah satu bangunan paling megah di zamannya. Hingga kini sebagian istana tersebut masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik sebagai warisan untuk generasi yang akan datang.

Berikut kami sajikan lima istana paling indah dan megah peninggalan kerajaan yang ada di Asia :


1.  Istana Gyeongbok di Korea Selatan




Istana ini pertama sekali dibagun pada masa pemerintahan Raja Taejo Tahun 1395, yang dirancang oleh seorang arsitek Korea kala itu Do-jeon. Istana ini merupakan istana utama dari dinasti  Joseon. Istana ini juga merupakan struktur istana kerajaan paling besar dan paling spektakuler di Korea.

Sayang, pada masa invasi militer Jepang tahun 1592, istana ini dibakar, dan dibiarkan tetap menjadi reruntuhan hingga tahun 1868. Hingga ketika Raja Gojong berkuasa, istana ini di bangun kembali dan dikembalikan kembali kemegahannya seperti sedia kala. Didalamnya terdapat sebanyak 330 kompleks bangunan istana.


2.  Kota Terlarang China



Kota Terlarang di Beijing, China, merupakan saksi atas megahnya peradaban negeri China selama masa pemerintahan Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Sejak tahun 1416 hingga tahun 1911, bangunan ini dianggap sebagai simbol dari kekuasaan tertinggi bangsa.

Taman-taman yang terawat rapi, 114 bagunan dengan 10.000 kamar di dalamnya, serta empat menara tinggi dengan ketebalan satu meter yang berdiri kokoh di atas tembok kota, adalah bagian dari kemegahan Kota Terlarang ini.

Ditambah lagi perabotan asli peninggalan kerajaan, berbagai karya seni langka, dan perpustakaan yang berisi karya-karya penting menunjukkan kelas penguasa dan bangsawan China tempo dulu.


3.  Istana Himeji, di Jepang


Istana yang dianggap sebagai benteng pertahanan terbaik ini di bangun di atas bukit. Struktur bangunan yang sedemikian rupa merupakan contoh arsitektur istana khas Jepang.

Istana yang juga di kenal dengan nama Hakurojō (istana bangau putih) ini, eksteriornya didominasi dengan warna putih cemerlang, dan bentuk bangunannya menyerupai burung yang sedang terbang.

Bangunan ini awalnya adalah sebuah benteng pertahanan yang dibuat pada tahun 1333 oleh Akamatsu Norimura. Baru setelah dua abad kemudian bangunan ini di bongkar menjadi istana, yang ditandai dengan dibangunnya 83 kompleks bangunan dan sistem pertahanannya dikembangkan menjadi paling canggih di zamannya.


4.  Istana Matsumoto, di Jepang


Jika istana kerajaan di Jepang pada umumnya dibangun di atas bukit, tidak demikian halnya dengan istana Matsumoto.  Istana ini dibangun di sebuah dataran, dengan menara tinggi yang membatasi sebuah pelataran tempat peperangan, yang juga berfungsi untuk menangkal musuh yang datang menyerbu.

Struktur bangunan istana di atas dataran seperti ini di kenal juga dengan nama hirajiro.

Di bangun tahun 1635,  istana Matsumoto merupakan istana yang paling indah dan paling lengkap yang ada di Jepang.


5.  Istana Potala, di Tibet



Di bangun pada tahun 637 pada masa pemerintahan Kaisar Songsten Gampo, istana Potala menjulang tinggi di atas bukit  Lhasa, Tibet.

Dibutuhkan setidaknya 7.000 orang pekerja, serta 1.500 orang seniman dan pengrajin untuk membangun istana yang fenomenal ini.

Istana ini mengalami sedikit kerusakan akibat aksi pemberontakan yang terjadi pada abad ke -20. Namun secara keseluruhan, istana ini tetap utuh dengan segala ertefak bernilai tinggi di dalamnya yang telah menjadikan istana ini sebagai magnet wisatawan dari seluruh penjuru dunia.



Leave a Reply

 
KisahBagus.Blogspot.com © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here